Pencegahan Batu Ginjal dan Penyakit Ginjal Kronis

Batu ginjal adalah pembentukan mineral mengeras di dalam ginjal atau sistem kemih. Dalam kebanyakan kasus, batu ginjal terbentuk karena penurunan volume urin atau peningkatan mineral yang membentuk batu dalam urin.

Sekitar 1 dari setiap 20 orang akan memiliki batu ginjal dalam hidup mereka. Tiga kali lebih banyak orang akan memiliki batu ginjal di bandingkan wanita dan mereka lebih umum di Kaukasia dibandingkan Afrika Amerika.

Apa itu batu ginjal ?
Dalam kebanyakan kasus, batu ginjal terbentuk ketika ada cairan terlalu sedikit (dari dehidrasi karena kurang minum atau olahraga berlebih), meluap-luap mineral kristal pembentuk dalam urin, dan / atau tingkat yang lebih rendah dari normal bahan kimia bahwa kerusakan mineral ini dalam urin. Batu ginjal akan baik perjalanan keluar dari tubuh melalui saluran kemih atau tinggal di ginjal, kandung kemih atau uretra.

batu ginjal, batu dalam ginjal

Gejala batu ginjal
Anda mungkin tidak tahu Anda memiliki batu ginjal kecuali menyebabkan nyeri, besar dan menghalangi aliran urin atau sedang berlalu. Gejala yang paling umum adalah parah, fluktuasi nyeri yang dimulai di daerah di mana ginjal berada, di punggung bawah atau samping di bawah tulang rusuk. Nyeri cenderung bergerak dengan batu. Jika batu berhenti, rasa sakit mungkin berhenti. Gejala lain termasuk:

Kencing berdarah atau berawan yang berbau buruk
Mual dan / atau muntah
Demam dan / atau kedinginan
Terbakar, sensasi menyakitkan ketika buang air kecil

Jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut, hubungi dokter Anda. Merawat batu ginjal dini dapat mencegah komplikasi serius, seperti CKD atau, dalam kasus yang ekstrim, gagal ginjal yang membutuhkan dialisis atau transplantasi ginjal untuk menggantikan fungsi ginjal.

– Jenis batu ginjal dan bagaimana mereka terbentuk

– Ada empat jenis utama dari batu ginjal:
Batu ginjal kalsium adalah yang paling umum. Batu kalsium sering terjadi pada orang dengan kadar tinggi vitamin D atau kelenjar paratiroid yang terlalu aktif. Orang dengan CKD lebih mungkin untuk mendapatkan batu ginjal kalsium.

Batu ginjal struvite biasanya terbentuk setelah infeksi saluran kemih. Mereka lebih sering terjadi pada wanita, yang cenderung memiliki infeksi saluran kencing kronis lebih sering dari pada laki-laki. Batu struvite cenderung bergerigi atau rusa-tanduk batu berbentuk dan bisa menjadi besar, menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Batu asam urat ginjal terbentuk karena terlalu banyak asam urat dalam urin dan lebih sering terjadi pada laki-laki. Diet tinggi protein dapat berkontribusi terhadap jumlah asam urat dalam tubuh. Orang dengan encok beresiko untuk batu asam urat.

Batu sistin ginjal jarang dibandingkan dengan jenis lain dari batu ginjal karena disebabkan oleh penyakit yang disebut cystinuria diwariskan. Kebanyakan orang dengan kondisi ini didiagnosis pada usia muda dan akan diperlakukan untuk ini sepanjang hidup mereka.

– Pengobatan untuk batu ginjal

Menentukan jenis batu ginjal yang telah biasanya dilakukan dengan mengevaluasi koleksi 24 jam urin, atau dengan memeriksa batu setelah itu telah berlalu. Ada beberapa metode penghapusan batu ginjal; banyak yang tidak memerlukan operasi. Anda bahkan mungkin dapat melewati batu dengan minum banyak air.

– Beberapa pengobatan untuk batu ginjal yang terlalu besar untuk lulus, atau menyebabkan kerusakan, termasuk :

Syok waves yg dikirim langsung ke batu ginjal. Extracorporeal gelombang kejut lithotripsy (ESWL) atau gelombang suara tidak pengobatan invasif, sehingga tidak memerlukan operasi atau tinggal di rumah sakit.

shock wave batu ginjal

Nephrolithotomy, atau perkutan (artinya “melalui kulit”) Nefrolitotomi, adalah ketika dokter membuat sayatan kecil di punggung dan menghilangkan batu ginjal dengan menggunakan nephroscope a.

Nephrolithotomy batu ginjal

Ureteroscopic penghapusan batu ginjal adalah prosedur yang menggunakan lingkup melewati kandung kemih untuk menghilangkan batu yang terjebak dalam ureter.

Ureteroscopic batu ginjal

Mencegah batu ginjal
Pencegahan melalui perubahan gaya hidup, terutama makan dan kebiasaan olahraga dapat membantu orang menghindari batu ginjal atau mencegah mereka. Minum sekitar 2 sampai 3 liter air sehari biasanya dianjurkan untuk seseorang dengan riwayat batu ginjal (kecuali pada diet cairan dibatasi). Diet rendah protein dapat membantu mengurangi kemungkinan mengembangkan beberapa jenis batu ginjal.

Selain pengaturan pola makan, dokter mungkin meresepkan obat yang membantu mengontrol jumlah mineral tertentu dari berkembang dalam urin.

Beberapa orang mendapatkan batu ginjal kalsium karena produksi yang berlebihan dari hormon oleh kelenjar paratiroid. Pengangkatan satu atau lebih kelenjar ini dapat menghentikan batu ginjal dari pembentukan.

Jika Anda memiliki batu ginjal Anda mungkin berada pada risiko lebih tinggi untuk penyakit ginjal kronis. Pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda tentang cara-cara untuk mencegah batu ginjal datang kembali dan bagaimana untuk menjaga ginjal Anda sehat.

This entry was posted in artikel and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *